Membiasakan Anak Tidur Siang Dan Tidur Malam Teratur

Karena, gangguan tidur yang berlebihan bisa dimungkinkan akibat faktor psikis dan penyakit tertentu. Salah satu cara agar anak Anda bisa tidur lebih cepat adalah dukungan dari lingkungan yang nyaman dan teratur. Terlalu banyak boneka atau mainan ternyata malah bisa bikin anak-anak sulit untuk tidur. Ketika kadar kortisol tinggi, maka tubuh anak Anda tidak akan dapat mengantuk dan tidur.

Saat Anda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Jika sulit tidur disebabkan kondisi kesehatan si Kecil yang menurun, sebaiknya Ibu periksakan ke dokter ya. Bila dibiarkan, kondisi sulit tidur justru akan memperlambat kesembuhannya.

Semakin lama tidur siang, semakin sedikit bayi tidur di malam hari sehingga kamu pun juga tidak akan tidur. Jadi, usahakan untuk memastikan agar bayi tidur siang tidak melebihi dari dua jam. Cobalah untuk membangunkannya, bermain dengannya, atau menahannya di pangkuanmu. Jika sering melewatkan waktu tidur siang, buah hati akan cenderung menjadi rewel atau sering merengek. Tanpa tidur siang, emosi negatif buah hati meningkat sementara energi positif berkurang.

Namun, ingatlah selalu jika si Kecil terlalu lama tidur siang akan membuatnya lebih lama terjaga di malam hari. Cara menidurkan bayi yang tepat agar si Kecil tetap terlelap nyenyak sepanjang malam tentu menjadi dambaan semua orangtua. Pasalnya, hal ini juga membantu kita mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari. dr. Rachman mengatakan, jika anak tidak tidur siang maka bisa diganti dengan tidur malam, dan perhatikan untuk tidak menidurkan anak terlalu malam.

Untuk itu, gunakan tirai di kamarnya untuk memblokir cahaya matahari di kamar anak dan pasang lampu tidur dengan cahaya temaram. Rencanakan beberapa kegiatan yang menyenangkan setiap hari sebelum tidur, seperti bermain, mewarnai atau membacakan dongeng untuknya. Dengan memiliki kegiatan si kecil merasa cukup kelelahan sehingga ia lebih mudah istirahat.

Akibatnya, balita tidur terlalu larut dan terlambat bagun di pagi harinya. Lingkungan yang gelap, tenang dan nyaman dapat membantu bayi untuk tidur. Lakukan sesuatu yang membuat bayi mengantuk, misalnya membaca cerita pendek. Pijatan sebelum tidur terbukti dapat membantu anak merasa nyaman dan siap untuk menuju alam mimpinya. Pijatlah tubuh anak mulai dari arah kaki, berlanjut ke bagian badan, tangan dan kepala dengan mesra.

Cara agar anak mau tidur siang

Bayi yang lebih kecil biasanya akan mudah terlelap, lalu bangun setiap 1-3 jam sekali untuk menyusu. Ketika sudah menginjak usia four bulan, ritme tidurnya mulai terbentuk. Kebanyakan bayi akan tidur 9-12 jam di malam hari, biasanya sesekali terbangun untuk menyusu, dan tidur siang 2-3 kali selama 30 menit hingga 2 jam pada masing-masing waktu. Namun, jika si kecil masih belum memiliki jadwal tidur siang yang bisa diprediksi, cobalah mulai membuatnya. Caranya dengan menerapkan waktu-waktu krusial untuk tidur siang maupun tidur malam bagi si kecil.

Kebutuhan tidur bayi menjelang umur satu tahun masih sama seperti sebelumnya, yaitu sekitar 14 jam dalam sehari. Bayi bisa juga merasa takut, karena ketika bangun, ia tak menemukan Anda di sisinya. Ini berarti alasan bayi susah tidur hanyalah karena ia ingin dekat dengan Anda. Bayi bisa mengalami yang namanya kegelisahan ketika jauh dari orang tuanya saat usia 6-8 bulan, dan ini bisa berlanjut hingga umur 5 tahun. Anda mungkin mendapati bayi bangun beberapa kali saat malam, menangis dan menolak untuk kembali tidur.

Mengajak bayi tidur siang memang membutuhkan waktu, tapi Ibu tetap harus konsisten dalam menerapkan jam tidurnya. Tinggalkan dulu kegiatan yang bersamaan dengan jam tidur siangnya. Ibu juga perlu menghindari menidurkan bayi di sore hari, karena bisa membuat bayi sulit tidur malam dan mengganggu jadwal kesehariannya.