Ini Tips Melatih Kesabaran Balita

Apapun yang menjadi kelebihan dan kekurangan anak Anda, terimalah dengan lapang dada. Tidak ada gunanya Anda selalu mengeluh dan menyalahkannya. Tapi bantulah anak Anda untuk mengatasi kelebihan dan kekurangan tersebut. Fokus pada pengembangan diri anak Anda, bukan pada keluhan karena mengeluh tidak akan ada habisnya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mensyukuri atas anugerah yang telah diberikan Tuhan untuk Anda, yaitu anak.

Yang terakhir dan yang paling penting dari semua cara pengerjaan adalah selalu berkonsentrasi. Konsentrasi penuh dibutuhkan dari awal hingga akhir pengerjaan soal. Pengendalian diri agar tenaga tidak terbuang percuma sangat dibutuhkan untuk menjaga konsentrasi hingga akhir pengerjaan soal. Psikotes jenis ini terdiri dari kumpulan angka-angka yang terrangkai dari atas ke bawah dalam bentuk bujur.

Ketika usia bayi menginjak usia 3 bulan, fungsi matanya sudah mulai baik. Pada masa ini pula, si kecil mulai mengeksplorasi lingkungannya. Moms dan Dads bisa memberikan mainan edukasi bayi dengan sisi yang memiliki cermin untuk si kecil.

Apapun kekurangan dan kelebihan anak Anda, syukuri atas anugerah yang diberikan Tuhan. Sesungguhnya, tugas ibu sangatlah mulia, Anda harus bangga dan bersyukur. Dengan begitu, Anda bisa melatih kesabaran menghadapi apapun sikap tidak menyenangkan anak Anda. Cukup banyak orang tua yang merasa kewalahan dalam menyikapi kenakalan anaknya. Oleh karena itu, mereka jadi habis kesabaran dalam menangani tingkah anaknya yang terkadang sudah di luar batas.

Melatih kesabaran pada anak

Sambil menunggu pesanan datang, beri si kecil mainan atau buku supaya ia tetap sibuk. Misalnya ketika anak minta diambilkan mainan, latihlah ia untuk mengambilnya sendiri dengan mengajaknya mengambil mainan keinginanya bersama-sama. Setelah itu, minta ia bertanggung jawab dengan mainan tersebut dengan mengembalikannya setelah selesai digunakan. Jika anak menolak, Moms bisa mengajaknya untuk mengembalikan mainan bersama-sama. Hal ini akan mengajarkan anak bersabar dengan cara berproses dalam mendapatkan keinginanya.

Lakukan beberapa hal ini untuk membentengi anak dari kejahatan seksual di dunia maya maupun di lingkungan rumah dan sekolah. Untuk anak usia pra sekolah, TK atau SD kelas 1, mengajak mereka sekolah daring dan mengerjakan tugas mungkin menjadi hal yang sulit. Setelah Ibu mendidik bayi untuk menunggu beberapa saat, selanjutnya dekati ia dan berikan penjelasan terkait tahapan-tahapan yang perlu Ibu lakukan untuk memenuhi keinginannya. Misalnya, bila si Kecil ingin makan MPASI-nya, Ibu bisa berkata, ‚ÄúSebentar ya, Dik. Asal katanya adalah “Shobaro”, yang membentuk infinitif menjadi “shabran”. Melatih kesabaran diri terkadang membutuhkan pula kesabaran waktu yang cukup panjang.

Misalnya, anak mengambil baju di dalam lemari jadi berantakan. Berpuasa dapat meningkatkan kepekaan si Kecil dalam menghargai rezeki yang ia punya, khususnya makanan dan minuman. Dengan menahan rasa lapar dan haus, anak akan lebih menghargai dan bersyukur atas makanan dan minuman yang selama ini ia bebas makan sesuka hatinya. Jadilah sahabat yang dapat dipercaya oleh anak agar ia merasa aman, disayangi, dicintai dan diperhaikan yang akan membantu mereka melewati lika liku proses kehidupan. Dengan menjadi sahabat bagi anak akan memudahkan Anda untuk mengetahui perkembangan anak. Ada orang-orang yang dengan marah memukul kotak-kotak penggalangan dana yang dipegang relawan Tzu Chi, ataupun dengan paksa merebut papan penggalangan dana dari tangan para relawan.