Begini Cara Nirina Zubir Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Seiring usianya bertambah, semakin banyak aktivitas yang dilakukannya. Ia semakin gemar bereksplorasi dengan lingkungannya, sehingga semakin sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk itu, berikan ia camilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabur keju, dan sebagainya. Biasakan untuk menjadwalkan waktu makan anak dengan teratur, sehingga anak akan terbiasa dengan waktu makannya.

Pada bayi yang sudah mendapatkan makanan tambahan selain ASI, biasanya akan melepeh dan menyemburkan makanan. Bayi melepeh makanan karena belum terbiasa makan dengan sendok, sehingga membutuhkan waktu untuk melatih kemampuannya untuk makan dengan sendok. Kesulitan makan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ketidakmampuan bayi atau anak untuk mengkonsumsi sejumlah makanan yang diperlukannya secara alamiah dan wajar. Mencoba mengurangi jumlah makanan yang sudah dijadwalkan dapat membantu anak merasa lapar ketika makanan baru ditawarkan kembali. Selera Anak terkadang harus terbiasa dengan rasa sebelum ia menyukai rasanya.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

AnggunPaud – Banyaknya jenis makanan cepat saji dan beraneka ragam rasanya, membuat anak – anak tidak mau makan. Terlebih saat di sekolah, para pedagang berjejer menjual jajanan yang belum terjamin kesehatannya namun sangat menarik hati anak – anak untuk membeli dan menikmatinya. Sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan pada anak. Saat nafsu untuk minum bertambah tentu akan membuat rasa lapar berkurang dan akan menyebabkan anak enggan untuk makan. Saat anak kurang nafsu makan batasilah minuman yang ia minum, ini bisa membantu anak mendapatkan rasa lapar. Ketika anak terlalu banyak minum tentu akan menyebabkan kembung dan perut terasa penuh padahal yang ada dalam tubuh hanyalah air bukan sebuah asupan nutrisi.

Namun, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menikmati momen kebersamaan dengan makan bersama. Anak balita tidak nafsu makan sesekali atau dalam satu fase tertentu umumnya regular. Bisa jadi, sudah tak tertarik lagi pada makanan bayi yang disiapkan untuknya. Ini merusak nafsu makan mereka dan juga mengganggu pikiran mereka untuk fokus pada makanan.

“Ingat, jangan dipaksa. Ciptakan suasana yang fun,” Frieda menjelaskan. Awal MPASI, selain makanan tinggi protein, sayur dan buah juga bisa diberikan dalam jumlah kecil. “Usia 7 bulan ke atas kebutuhan seratnya meningkat sebanyak 10 gram perhari,” jelas Frieda.

Hal tersebut umum terjadi karena anak mulai merasa pintar dan terkadang tidak percaya dengan apa yang diperintahkan oleh orangtua. Kondisi semacam ini secara tidak langsung membuat anak menolak makanan yang diberikan oleh orangtuanya dan hanya ingin mengkonsumsi makanan yang sesuai seleranya. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter mengenai perilaku balita susah makan. Apalagi, jika ia memperlihatkan tumbuh kembang yang tidak optimal, misalnya berat badan menurun dan lesu.