Anak 1 Tahun Susah Makan, Mimpi Buruk Banyak Orangtua

Pemicunya antara lain makanan yang berlemak atau terlalu pedas. Dalam kasus yang jarang terjadi, konstipasi juga bisa disebabkan penyakit yang lebih serius. Itu sebabnya penting untuk memeriksakan anak bila curiga terjadi konstipasi. Penyebab umum konstipasi adalah menu makan yang kurang memuat cukup air dan serat.

Menurutnya, cekok jamu cukup dilakukan dua kali dalam seminggu dan diberikan pada anak berusia di atas 6 bulan yang sudah dikenalkan dengan MPASI. Hal ini mempertimbangkan kesiapan sistem pencernaan anak untuk menerima makanan dan minuman di luar ASI. Upayakanlah untuk tetap mengutamakan sarapan, makan siang dan makan malam. Bila perlu, cobalah untuk menghilangkan satu kali jatah mengemil agar ia lebih merasa lapar dan semangat untuk makan.

Buatlah suasana makan yang menyenangkan, bisa dengan membuat makanan tampak menarik atau cara pemberian makanan yang tidak memaksa hingga menimbulkan trauma. Untuk mengembalikan nafsu atau keinginanan anak untuk makan, tidak ada salahnya jika lebih dulu mengetahui apa saja penyebab anak tidak mau makan. Selain itu, hindari memaksa anak untuk menghabiskan seluruh makanannya agar tidak terjadi trauma. Saat mereka sudah merasa kenyang, perbolehkan si kecil untuk menghentikan makan. Setiap harinya, anak Anda harus memenuhi pola makan three kali sehari dan makan selingan sebanyak 2 kali. Balita usia 2-5 tahun biasanya tidak makan cukup di satu waktu untuk tetap merasa kenyang sampai waktu makan berikutnya.

Terlalu banyak minum saat makan bisa membuat anak menjadi kenyang sehingga anak pun. Ibu yang tidak sabaran akan cenderung memaksa anaknya untuk menuruti apa maunya. Memang kemauan anak belum tentu sejalan dengan kemauan ibu, oleh sebab itu ibu disarankan untuk lebih bersabar dalam menghadapi anaknya. Membujuk anak dengan lemah lembut bisa melunakkan hati sang anak.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Jika Mama mulai melihat munculnya reaksi alergi, maka segera konsultasikan dengan dokter anak. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, maka Mama bisa mengenalkan beberapa makanan baru sedikit demi sedikit, hingga anak dan tubuhnya mulai menerima makanan tersebut. Lengkapi information dibawah ini untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan Ibu dan si Kecil.