7 Tips Ampuh Agar Anak Mau Makan

Daging olahan tidak segar, banyak mengandung lemak, yang juga membuat kulit kering, kotor, dan kusam. Menurut dr. Ostad, radikal bebas akan merusak elektron pada sel-sel kulit yang sehat. Rusaknya sel-sel kulit sehat akan membuat kulit lekas keriput, kering, dan iritasi. Sebaiknya mengalihkan konsumsi daging ke jenis daging putih seperti daging ayam atau ikan. Gula akan mengikat protein dan lemak dalam tubuh, kemudian membentuk molekul-molekul baru yang disebut glikasi tingkat lanjut .

Cara agar anak mau makan banyak

Asupan makanan yang Anda pilih dapat membuat kulit terlihat segar dan cerah atau kering dan kusam. Bahkan dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya. Akan tetapi, selain suasana hati sang ibu yang harus dijaga, makanan pun juga harus dijaga. Selama menyusui, Ciki mengaku bahwa ia menjauhi makanan yang mengandung tepung-tepungan.

Bunda perlu menyediakan kudapan tinggi kalori yang bisa dia makan kapanpun dia mau. Anak yang pemilih soal makanan, sering membuat orangtua kesal. Namun cobalah untuk bersabar, dan tidak memaksanya menyantap makanan yang tidak dia suka.

Seiring waktu, nafsu makan dan perilaku makan si Kecil akan menjadi perlahan membaik. Si Kecil akan menemukan sesuatu yang ia sukai dalam berbagai makanan sehat tanpa banyak dorongan dari Ibu. Hindari makanan yang dapat menyebabkan si Kecil tersedak, seperti anggur utuh, sosis yang besar, permen bulat dan keras, maupun kacang tanah. Irisan roti dan pisang dapat diberikan sebagai alternatif pilihan makanan.

Akan tetapi, prosesnya bisa lebih cepat dan lebih lambat sebab perkembangan anak tentunya berbeda-beda. Seperti yang disarankan oleh WHO, meskipun bayi sudah bisa mengonsumsi makanan padat ketika berusia 6 bulan, Anda masih bisa memberikannya asupan ASI hingga usianya 2 tahun. Protein hewani, terutama daging merah dan olahan, meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Ingat, kitalah yang bertanggung jawab atas makanan yang terhidang di rumah, bukan anak. Dengan menyajikan lebih sedikit makanan cepat saji di meja makan, kita akan memaksa anak-anak untuk makan lebih banyak buah, sayuran, dan produk susu.

Secara otomatis, kondisi anak yang susah makan tentu akan memengaruhi kecukupan zat gizi harian yang diperolehnya. Melansir dari Mayo Clinic, Anda dianjurkan untuk memberi anak makan sesuai jadwal. Jika anak Anda terlalu lelah, mungkin ia akan memilih untuk tidur dan menolak makan. Saat anak susah makan, mungkin ia bosan dengan makanan harian, atau memang memiliki keluhan tersendiri.