10 Alasan Balita Tidak Mau Makan

Lengkapi information di bawah ini untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan Ibu dan si Kecil. Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Jika makanan memang belum habis, tidak perlu memaksanya untuk tetap makan. Kesulitan buang air besar atau konstipasi akan memengaruhi banyak hal, termasuk keinginan si kecil untuk makan. Saat ia tidak BAB dua hingga tiga hari berturut-turut, biasanya ada yang tidak beres dengan fungsi sistem pencernaannya. Proses memasak berkutat dengan takaran saji makanan tertentu, misalnya, beras, telur, dan tepung.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Meskipun menambah berat badan penting, Anda perlu memperhatikan porsi makan anak agar mereka mendapatkan berat badan perfect dan tidak berlebih. Segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengupayakan pemenuhan kebutuhan gizi anak serta memperbaiki pola makan dan proses pemberian makan. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti agar anak mau makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Solopos.com, SOLO — Tak perlu galau atau pun sedih untuk menghadapi maupun mengatasi anak yang susah makan.

Oleh karena itu, diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan ragam warna, rasa, dan tekstur makanan. Salah satu alasan lain anak-anak tidak mau makan adalah mereka sedang lelah atau mengantuk. Anak-anak tidak mau makan bisa jadi karena fokusnya terganggu karena acara TV, suara gadget, atau mereka ingin bermain. Padahal Anda sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memasak makanan khusus untuknya.

Diupayakan tidak ada distraksi saat makan dan jangan memberikan makanan sebagai hadiah. Prosedur makan diperbaiki dengan memberikan makanan dalam porsi kecil, makanan utama didahulukan, baru diakhiri dengan minum, dorong anak untuk makan sendiri. Apabila anak menunjukkan tanda tidak mau makan , tawarkan kembali makanan secara netral, tanpa membujuk ataupun memaksa. Bila setelah menit anak tetap tidak mau makan maka proses makan sebaiknya diakhiri. Saat proses makan hanya diperbolehkan membersihkan mulut anak jika makan sudah selesai. Sebagai orangtua, Anda harus memiliki ide sebanyak mungkin untuk membantu mengatasi anak susah makan.

Dengan begitu, hal ini bisa mendorong perkembangan positif dari perilaku makan anak. Ketika anak tidak mau makan dengan alasan berbagai hal, maka kamu bisa memancing kembali nafsu makan mereka dengan menghidangkan makanan yang mereka sukai. Umumnya, anak akan lebih cepat bosan, termasuk dalam hal makanan, terutama dari bentuknya. Sehingga, di sini Anda sebagai orang tua harus paham, dengan kondisi ini. Dengan begitu, anak akan lebih merasakan kapan lapar dan kapan kenyang. Selain itu, cara ini juga bisa membuat porsi makannya terasa lebih pas ketika waktu makan tiba.

Ketika menghadapi kondisi ini, berikan anak pilihan makanan bernutrisi yang beragam dan biarkan ia memilih makanan yang ingin dikonsumsi. Ada kalanya mereka tak tertarik untuk makan, ada kalanya mereka hanya ingin makan satu jenis makanan tertentu. Tentu anak sangat menyukai makanan cepat saji seperti nugget, fried rooster, burger, dan berbagai jenis junk food lainnya. Moms boleh saja memberikan anak makanan cepat saji sesekali, namun tetap tidak berlebihan.

Sebagai orang tua saja seringkali kamu merasa tidak suka jika dipaksa untuk melakukan suatu hal, kan? Nah, ini sama kasusnya ketika kamu memaksa anak untuk makan, terlebih dengan porsi sesuai yang kamu inginkan. Biarkan anak makan sesuai dengan porsi yang ia inginkan terlebih dahulu.

Meski begitu, para peneliti tidak tahu apa yang menyebabkan seorang anak mengalami gangguan makan. Akan tetapi mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang meningkatkan risiko terjadinya gangguan makan. Jika Anda mendapati diri menyajikan jenis makanan yang sama berulang kali, mungkin dengan melakukan sedikit perubahan dapat membantu membangkitkan nafsu makannya. Hal tersebut dimaksudkan agar ia bisa fokus terhadap makanan dan makan dengan cepat. Selain itu, dengan duduk bersama di meja makan, anak bisa mencontoh teladan orang tua yang tidak main gawai ketika makan, dan tidak pilih-pilih makanan. Pertama, orang tua harus menerapkan jadwal teratur makan besar dan makan selingan anak.